Rabu, 16 Juli 2014

Mulai Nulis

Ini bukan pertama kali gue nulis di Blog. Mungkin Kalian udah pada bosen ngeliat gue promote di media sosial tentang Blog semprul satu ini. Di Blog ini, gue akan nyoba nulis semua tentang gue. Mulai dari  impian masa depan, childhood memories, kisah asmara, bahkan artikel musik artikel game apa pun yang menarik minat gue. Karena entah kenapa, gue jadi tergerak buat nulis di Blog kayak ginian.

 Awalnya niat buat nyoba langsung ngirim naskah Novel ke penerbit, dan gue sadar kalo itu gak segampang nampar banci lagi mangkal terus kabur. Yaa yang ada, gue kecut duluan. Gue ngerasa kalo nulis Novel itu, butuh dan harus punya pengetahuan yang udah setingkat dewa (sorry lebay). Mulai dari cara bikin Plot, bikin Joke-joke pecah, sampe bikin adegan sedih yang ngencerin ingus di hidung.

Gue iseng nyari infomarsi di google tentang “cara nulis novel yang baik dan benar” ( ini emang bener keyword yang gue ketik di mbah google ). Dan yang gue dapet malah forum-forum penulis hijau yang baru MAU nulis layaknya gue. 


Setelah nanya sana- sini, nyari tahu kriteria yang dicari penerbit-penerbit besar, info pasar bacaan yang gue incer, sampe pilihan genre yang ada, akhirnya gue tahu, hampir semua penulis yang mau nerbitin buku lewat penerbit-penerbit besar, semua nya udah milikin pengalaman yang mumpuni. Ada yang udah malang melintang nulis cerpen, ada juga yang udah pernah ngadain seminar di kota-kota gede, dan malah ada yang sampe ngadain les nulis. Busett.

 Bukannya gue “kalah sebelum berperang” guys, tapi gue nyadar kalo gue mesti ngumpulin nyali dan ilmu yang masak buat ngirim naskah rombeng bikinan gue itu. Dan juga, nulis harus penuh kesabaran dan ketaqwaan yang gede, kan ? J Ya kalo kalian ngerasa pengen atau udah ngerasa bisa buat nulis yang namanya Novel, coba aja kirim ke penerbit-penerbit yang emang nyari penulis muda dengan ide segar. Siapa tahu, Allah berkehendak, dan elo beken, hehehe.

Sekian post pertama dari gue. Moga ini bukan post terakhir dari gue, dan semoga elo, elo, dan elo bisa betah bacain Blog kucrut gue ini. Wasalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar