Minggu, 20 Juli 2014

First Crush, First Broken (chapter 1)

SD Negeri 140. Tempat gue nuntut ilmu semasa sekolah dasar. Sekolah gue berada tepat dibelakang Taman Makan Pahlawan yang terletak di Jalan Jendral Soedirman. Dulu, sekolah gue itu berada di dalam satu komplek dengan 3 sekolah lain yang berbeda. Jadi ada 4 sekolah di komplek yang sama. Tapi, setelah Negara Api nyerang.... Enggak deng. Gue gak tahu juga kenapa. Mungkin pergantian Menteri Pendidikan atau juga Diknas Palembang lagi pada iseng, ketika gue kenaikan kelas 5, keempat sekolah tadi digabung jadi satu. Dan jadilah SD N 225. Sedihnya gue gak sekelas lagi sama geng preman gue *sigh* (mereka di 5c,5d. Gue di 5a, karena bedain kelas bedasarkan peringkat 1 – 10. Gue rangking 5 waktu itu kalo nggak salah.)

Sekolah Baru, Kelas baru, Wali kelas baru. Dan tentunya peraturan baru ! jadi ceritanya kami dibuat duduk satu meja itu cewek cowok. Jadilah gue duduk bareng miss sok manis bernama Vera. Vera itu sebenernya baek kok, ramah, centil kalo kita nya nggak rese’. Tapi namanya aja gue, kalo nggak caper semenit, ya bakal gatel badan gue.

“ hai, aku Vera” sambil mengulurkan tangannya Vera tersenyum genit ke gue.

Gue nya sok polos, cuma nyengir kuda sambil nunjukin name badge di dada gue. Jadilah Vera mandangin gue bete’. Gue nya asyik – asyik aja sih. Tapi, kayaknya ke-tidak-acuh-an gue itu, artinya nyatain perang bagi Vera. Jadilah gue di bully terus sama dia. Mulai dari ngaduin gue gak piket. Ada kentut di kelas aja pasti gue di jadiin kambing hitam.

Akhirnya gue nyerah. Ya, nyerah buat diem bengong aja. Gue balesin satu – satu perlakuan nggak adil Vera. Mulai dari ngumpetin buku PR matematikanya, sampe naruh tai kucing di lacinya dia. Hasilnya sering banget dia nangis karena gue. Dan bedanya, anak sekelas ngeliat tingkah kami romantis ( dari sudut anak SD ini romantis ). Dan cia – cie legenda itu terjadi.


Gue sih cuek aja (sumpah gue cuek masalah ini). Tapi Vera yang nggak. Dia jadi berubah 720 derajat ! Dari nyuruh gue lebih pinter di matematika yang emang gue nggak jago. Sampe sering ngasih es syrup pas jam istirahat. Ini anak jatoh darimana ya sampe kayak gini ? otak pentium 3 gue berjalan keras.

Kejadian berlangsung sampe salah seorang anak cewek di kelas nanyain gue ngeliat Vera gimana. Iseng gue jawab ‘benci’. Fatalnya, ternyata cewek tadi adalah penyampai pesan dari Vera. Gue yang nggak tahu apa – apa di samperin Vera,

“ kamu nggak nganggep aku apa – apa ky ?”

“nggak. Aku benci sama kamu” Lidah gue menjulur sambil cengengesan.

Dan air mata Vera ngalir tanpa diiringi bunyi yang keluar dari mulutnya. Mulut gue mangap gak jelas. Dan otak gue bingung setengah mati. Ibarat Laptop jadul, dipaksain main game berat. Jadilah LAG ! BINGUNG !

Dan serentak semua anak di kelas nyorakin gue,

“ Ekky jahat.... Ekky Jahat... Ekky gak punya hati.... Ekky item ! “

Gue makin bingung makin parah sambil garuk pantat gak jelas... garuk kepala maksudnya. Dan akhirnya Vera lari dari kelas entah kemana -__-

Sumpah waktu itu gue gak sempet mikirin apa – apa. Kalian tahu kan otak anak cowok itu lebih telat dewasa mikirn asmara dibanding anak cewek. Jadilah gue error selama sisa pelajaran hari itu. Vera balik dan duduk disamping gue membisu sebisu – bisu – nya. Kalian bayangin aja, seorang yang dulunya riang, mendadak jadi diem kayak nggak ada pikiran dan itu karena GUE !

 Kejadian itu berlangsung sampai Jam pulang dateng. Vera keliatan jalan cepet banget kayak kebelet boker. Temennya yang manggil dia di gubris sedemikian rupa.

Gue pikir pada saat itu, itu anak kenapa ya ? kan gue CUMA bercanda ?.

Besoknya Vera masih diemin gue. Gue coba tegur, tapi dianya Cuma mandang sinis. Gue coba kentutin, eh dianya malah pindah kebelakang beserta buku – buku pelajarannya. Yang ada sekelas heboh karena dikira ada tikus bertemu ajal di kelas.

Akhirnya gue nanya cewek si pembawa pesan kemarin. Dan dijelasin, kalau Vera naksir gue. Gue makin bingung kan, yang namanya naksir tuh apa ? apa sejenis makanan burung ? ato sejenis penyakit menular dan dijelasin lagi lebih detail sama cewek tadi. Dan gue pun manggut – manggut tanda ngerti sambel. Tahu ngerti sambel ? ngerti tapi nggak bener – bener ngerti. Gue yang udah ngantongin penjelasan kenapa Vera bersikap seperti layaknya gue binatang hina yang harus nya gak usah di acuhin, gue berniat minta maaf.

Sepulang sekolah, gue berniat minta maaf. Waktu dia ngerapihin bukunya, gue udah selipin kertas berisi gambar gue sama dia pegangan tangan dan ada tulisan “MAAF” gede di atasnya. Gue lirik dianya Cuma senyum bentar, dan lanjut beresin bukunya. Kayaknya gue mesti cegat dia pulang nih ! Begitu pikir gue.

Sepulang sekolah Vera tampak buru – buru, dan sekejap ngilang dari kelas, pulang duluan. Gue cepet ngikutin dia. Vera gue liatin jalan sambil nunduk. Gue ikutan nunduk, karena gue pikir dia lagi nyari recehan yang kececer di jalan.Tapi kayaknya dia lagi mandangin kertas yang gue selipin tadi deh. Gue sudahi nunduknya karena ngerasa bodoh.

Gue yang takut kalo dia bakalan ngamuk lagi sama gue, Cuma bisa mangdangin dia dari jauh. Otak gue berpikir keras gimana bisa minta maaf. Lalu ide itu muncul ! Gue ambil buku gambar gede yang gue beli kemarin buat pelajaran seni. Gue coret – coret disana. Sebelum Vera keburu sampe ke rumahnya, gue beraniin diri ngejer dia.

Gue toel pundaknya. Vera noleh ke arah belakang. Saat itulah dia ngeliat gue megang buku gambar. Dan disatu halaman penuh tulisan “Maafin Ekky nona bawel, Ekky emang bodoh” sambil mamerin gigi gue yang ompong dibeberapa bagian.

Vera diem matung ngeliatin gue. Gue masih nyengir mamerin gambar gue waktu itu. Vera masih diem mandangin gue.

“ kalo maafin aku, sangkupin kelingking kamu ke kelingking ekky. Kalo nggak, jitak kepala ekky”

Gue dengan gugup bilang gitu, sambil bungkuk ngemudahin dianya buat jitak.
Dan beneran, saat itu gue makin bingung kelakuan Vera.

“JTAAKK !” kepala gue dijitak.

Anehnya, kelingkingnya yang mungil bertaut sama kelingking gue. Dan dianya ketawa mandangin gue. Gue nya nyengir kuda aja. Sambil meringis kesakitan karena di jitak.

Akhirnya dia berbalik dan melangkah pulang. Gue masih bingung sambil mandangin dianya jalan. Tiba –tiba, badan Vera berbalik, dan tangannya mengipas – kipas udara. Dianya dah – dah’in gue ! Yes ! Dianya maafin gue ! YES ! YESS ! Gue lompat – lompat gak karuan kesenengan. Jadinya kami baikan lagi...


Bersambung dulu capek ngetik segini banyak.. hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar